Rabu, 22 Februari 2012

SOSIALISASI BEASISWA OUTREACHING COMDEV UNTAN

Panduan Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya
Tahun Akademik 2012/2013


Bagian A. Panduan Umum
Pada tahun akademik 2012/2013, Unversitas Tanjungpura (Untan) menyediakan beasiswa penuh Outreaching Program Bidik Misi dan Lainnya bagi lebih dari 950 mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan atau dari daerah marginal/perbatasan. Beasiswa penuh Outreaching Untan meliputi pembebasan SPP, biaya administrasi dan bantuan biaya hidup selama 4 tahun berturut-turut, serta transportasi dari dan ke tempat asal satu kali dalam durasi studi 4 tahun.

Kriteria siswa yang dapat mengajukan lamaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Tahun Akademik 2012/2013 adalah:
1.       Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012
2.       Siswa SMA/MA/MAK lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidik Misi
3.       Berusia maksimal 21 tahun pada tenggat akhir pendaftaran
4.       Berasal dari keluarga miskin/marginal atau berasal dari daerah perbatasan
5.       Gabungan pendapatan kotor orang tua/wali sebesar-besarnya Rp.3.000.000,- per bulan, dan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi tanggungan keluarga sebesar- Rp. 600.000,- per bulan.
6.       Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau D4 atau yang setara.
7.       Memiliki prestasi akademik, masuk dalam 30% ranking teratas di kelasnya
8.       Direkomendasikan oleh Kepala Sekolah bagi pendaftar dengan jalur seleksi SNMPTN Undangan, SNMPTN UTUL, dan seleksi Mandiri Outreaching Untan

Siswa yang memenuhi kriteria dan berminat untuk mengajukan lamaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan melakukan pendaftaran seleksi melalui tahapan:
1.       Mengisi formulir pendaftaran Program Bidik Misi DIKTI secara on-line yang dapat diperoleh di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id.
2.       Mengisi formulir pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan secara on-line yang dapat diperoleh pada laman http://comdev-outreaching.untan.ac.id  
3.       Mencetak (print-out) formulir pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan yang telah diisi secara on-line
4.       Melengkapi berkas pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan
5.       Menyerahkan print-out formulir dan berkas pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan kepada Kepala Sekolah.
6.       Kepala sekolah mengirimkan formulir dan berkas pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching secara kolektif ke:


Unit Comdev & Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak – Kalimantan Barat
78124

 
 






Berkas persyaratan pendaftaran yang harus dilengkapi dan dikirimkan beserta formulir Beasiswa Outreaching Untan yang telah dicetak meliputi:
a.          Foto ukuran 3x4 sebanyak 3 buah (diberi nama pada bagian belakang foto)
b.          Surat pernyataan yang ditandatangani calon mahasiswa di atas materai dan ditandatangi oleh orang tua/wali
c.          Surat pernyataan kepala sekolah
d.          Surat pengantar Kepala Sekolah yang berisi ranking siswa yang diusulkan
e.          Surat rekomendasi dari wali kelas yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah
f.           Tiga (3) rangkap fotokopi rapor semester 1-5 yang telah disahkan oleh kepala sekolah bagi lulusan tahun 2012 atau tiga (3) rangkap fotokopi rapor semester 1-6, ijazah dan hasil UN yang telah disahkan bagi lulusan tahun 2011.
g.          Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi atau kepala desa
h.          Fotokopi JAMKESMAS GAKIN (bila ada)
i.            Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) bagi yang lulusan tahun 2012
j.            Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali
k.          Fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang telah disahkan
l.            Esai yang ditulis tangan maksimal 200 kata
m.        Menyertakan fotokopi bukti fisik (penghargaan/sertifikat/surat keterangan) bagi yang berprestasi secara akademik maupun non akademik, atau keikutsertaan dalam organisasi.  
Form berkas yang harus dilengkapi ini dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.untan.ac.id. Tenggat waktu penerimaan berkas ini oleh Unit Comdev&Outreaching Untan adalah tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos). Berkas yang tidak lengkap ataupun tidak diterima tepat waktu tidak akan diproses dalam penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching Untan.
Pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan dilakukan melalui jalur SNMPTN Undangan dan Ujian Tulis (UTUL), serta jalur seleksi mandiri Outreaching Untan. Mekanisme pendaftaran untuk masing-masing jalur seleksi dapat dibaca lebih lanjut pada Bagian B.  













Bagian B. Panduan Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan
Semua calon mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan Beasiswa Penuh Outreaching Untan melalui pola seleksi yang manapun harus melengkapi persyaratan pendaftaran Bidik Misi dan Outreaching Untan. Berikut ini merupakan tahapan yang harus ditempuh oleh siswa untuk mengikuti seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan:
Berikut ini adalah panduan mekanisme pendaftaran bagi siswa untuk masing-masing pola seleksi beasiswa penuh yang dipilih:
1.       Mekanisme Pendaftaran Bidik Misi Bagi Semua Siswa Pelamar Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan
Semua siswa yang akan mengikuti Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan melalui ketiga jenis pola seleksi harus melakukan pendaftaran bidik misi terlebih dahulu. Untuk dapat melakukan pendaftaran bidik misi, siswa melakukan tahapan berikut ini:
a.       Siswa yang memenuhi persyaratan untuk mengajukan Beasiswa Penuh Outreaching Untan dan berminat mengikuti seleksi dari jalur seleksi SNMPTN Undangan, UTUL ataupun Mandiri Outreaching mengajukan diri kepada Kepala Sekolah untuk direkomendasikan sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu.
b.       Kepala Sekolah menyeleksi siswa yang memenuhi syarat dan menyusunnya ke dalam sebuah rekomendasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
c.       Kepala Sekolah melakukan pendaftaran sebagai instansi pemberi rekomendasi Bidik Misi di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dengan melampirkan hasil pindaian (scan) seperti dalam formulir “Rekomendasi Dari Kepala Sekolah” bagian F dalam Bidik Misi untuk mendapatkan Nomor Identifikasi Sekolah Pemberi Rekomendasi (NISR).
d.       Untuk sekolah yang telah memiliki NISR tidak perlu lagi melewati tahapan c.
e.       Kepala Sekolah mendaftarkan nama-nama siswa yang direkomendasikan untuk memperoleh bidik misi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id. Setiap siswa yang didaftarkan selanjutnya akan mendapatkan Kode Akses (KA) untuk melakukan pendaftaran mandiri di bidik misi secara on-line.
f.        Siswa melakukan pendaftaran bidik misi secara on-line menggunakan KA masing-masing di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id.
g.       Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran bidik misi secara lengkap, siswa mencetak formulir yang sudah terisi untuk nantinya disampaikan kepada Kepala Sekolah.
h.       Siswa yang telah selesai mendaftar dan mencetak formulir pendaftaran bidik misi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). KAP dan PIN digunakan untuk mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran bagi siswa yang mengikuti SNMPTN Undangan dan SNMPTN Ujian Tulis. KAP juga digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan.

2.       Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi SNMPTN Undangan
  1. Siswa yang mengikuti seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan dari jalur SNMPTN Undangan harus melakukan pendaftaran bidik misi pada tanggal 20 Januari – 29 Februari 2012.
  2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN Undangan secara on-line dengan mengisi formulir pada laman http://undangan.snmptn.ac.id pada tanggal 1 Februari – 8 Maret 2012. Siswa yang telah memiliki KAP dan PIN Bidik Misi memasukkannya dalam pendaftaran on-line untuk memperoleh pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN Undangan
  3. Siswa melakukan pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO) secara on-line di laman www.comdev-outreahing.untan.ac.id menggunakan KAP yang telah dimiliki pada tanggal 25 Januari-29 Februari 2012. Panduan untuk mengisi tahapan pendaftaran SISBO UNTAN secara detail dapat dibaca pada bagian C panduan ini.    
  4. Selesai mengisi formulir pendaftaran SISBO dengan lengkap, siswa melakukan pencetakan formulir pendaftaran SISBO yang telah diisi.
  5. Siswa selanjutnya melengkapi berkas persyaratan yang diminta untuk dilampirkan dalam aplikasi Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan. Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.untan.ac.id.
  6. Siswa mengumpulkan: (1) fotokopi KAP Bidik Misi yang telah dicetak, (2) fotokopi cetak hasil pendaftaran SISBO Untan yang telah dicetak, dan (3) lampiran kelengkapan berkas pendaftaran, dan menyampaikannya kepada Kepala Sekolah. 
  7. Kepala sekolah mengirimkan secara kolektif berkas formulir pendaftaran cetak dan kelengkapan berkas pendaftaran beasiswa outreaching dari semua siswa di sekolahnya ke alamat:


Kantor Comdev-Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak - Kalimantan Barat
78124
 
 






  1. Berkas pendaftaran dan kelengkapan persyaratan telah diterima oleh Unit Comdev dan Outreaching UNTAN paling lambat tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos).
  2. Pengumuman peneriman Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN Jalur Seleksi SNMPTN Undangan akan dipublikasikan pada tanggal 25 Mei 2012.
  3. Alur pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya Jalur Seleksi SNMPTN Undangan secara ringkas dapat dilihat pada Gambar 1.










http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9-3is44uFpvyp7JaFIpSacmIBmkKSDrUTCL3_FoWd6HRb7NXqQw                                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfPd9QsW2vNKkxDRHIspAbK0Pm1oSG9mGx4hJPlgFv4CMT4_xQ                               http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp67nTO0Z08WynZ9rhCk-hH94gLb2Gzrmn6r0XnHBYNCWdrQnx                 http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSNFeU9LZjnxQsZBN2_KTrgMPEjs7_G6FmgN-s8V4Ymb7AitfkRQ  
Siswa                                   Kepala Sekolah                                      Bidik Misi                              Unit Comdev-       
                                                                                                                                                             Outreaching Untan




















Gambar 1.  Alur Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan lainnya Jalur Seleksi SNMPTN Undangan


3.       Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi SNMPTN Ujian Tulis (UTUL)
  1. Siswa yang berminat mendaftar Beasiswa Penuh Outreaching melalui jalur seleksi SNMPTN UTUL terlebih dahulu melakukan pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO) secara on-line di laman www.comdev-outreahing.Untan.ac.id menggunakan KAP yang telah dimiliki pada tanggal 25 Januari-29 Februari 2012. Panduan untuk mengisi tahapan pendaftaran SISBO UNTAN secara detail dapat dibaca pada bagian C panduan ini.
  2. Selesai mengisi formulir pendaftaran SISBO dengan lengkap, siswa melakukan pencetakan formulir pendaftaran SISBO yang telah diisi.
  3. Siswa selanjutnya melengkapi berkas persyaratan yang diminta untuk dilampirkan dalam aplikasi Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan. Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.Untan.ac.id.
  4. Siswa mengumpulkan: (1) fotokopi cetak hasil pendaftaran SISBO Untan yang telah dicetak, dan (2) lampiran kelengkapan berkas pendaftaran, dan menyampaikannya kepada Kepala Sekolah.
  5. Kepala sekolah mengirimkan secara kolektif berkas formulir pendaftaran cetak dan kelengkapan berkas pendaftaran beasiswa outreaching dari semua siswa di sekolahnya ke alamat:


Kantor Comdev-Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak - Kalimantan Barat
78124
 
 





  1. Berkas pendaftaran dan kelengkapan persyaratan telah diterima oleh Unit Comdev dan Outreaching UNTAN paling lambat tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos).
  1. Siswa yang bersangkutan selanjutnya melakukan pendaftaran bidik misi secara on-line di laman www.daftar.bidikmisi.dikti.go.id pada tanggal 1 Mei – 29 Mei 2012 untuk memperoleh memperoleh KAP dan PIN.
  2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN UTUL secara on-line dengan mengisi formulir pada laman http://ujian.snmptn.ac.id pada tanggal 10 Mei - 31 Mei 2012. Siswa yang telah memiliki KAP dan PIN Bidik Misi memasukkannya dalam pendaftaran on-line untuk memperoleh pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN UTUL. Bagi siswa pendaftar bidik misi yang mendaftar SNMPTN Undangan namun belum lulus, masih dapat melakukan pendaftaran SNMPTN UTUL gratis dengan menggunakan KAP dan PIN Bidik Misi Undangan.
  1. Ujian SNMPTN UTUL dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni 2012. Bagi pendaftar program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) dan Pendidikan Seni Tari dan Musik (Tarsik) di Untan, terdapat tambahan Ujian Keterampilan yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2012.
  2. Pengumuman peneriman Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi SNMPTN UTUL akan dipublikasikan bersamaan dengan pengumuman kelulusan UTUL pada tanggal 7 Juli 2012.
  3. Alur pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya Jalur Seleksi SNMPTN UTUL secara ringkas dapat dilihat pada Gambar 2. 
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9-3is44uFpvyp7JaFIpSacmIBmkKSDrUTCL3_FoWd6HRb7NXqQw                                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfPd9QsW2vNKkxDRHIspAbK0Pm1oSG9mGx4hJPlgFv4CMT4_xQ                             http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp67nTO0Z08WynZ9rhCk-hH94gLb2Gzrmn6r0XnHBYNCWdrQnx                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSNFeU9LZjnxQsZBN2_KTrgMPEjs7_G6FmgN-s8V4Ymb7AitfkRQ  
Siswa                                 Kepala Sekolah                                      Bidik Misi                                Unit Comdev-       
                                                                                                                                                             Outreaching Untan





















Gambar 2.  Alur Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan lainnya Jalur Seleksi SNMPTN UTUL


4.       Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi Mandiri Outreaching
  1. Siswa yang mengikuti seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan dari jalur Mandiri Outreaching terlebih dahulu melakukan pendaftaran bidik misi pada tanggal 20 Januari – 29 Februari 2012.
  2. Siswa melakukan pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO) secara on-line di laman www.comdev-outreahing.Untan.ac.id menggunakan KAP yang telah dimiliki pada tanggal 25 Januari-29 Februari 2012. Panduan untuk mengisi tahapan pendaftaran SISBO UNTAN secara detail dapat dibaca pada bagian C panduan ini.    
  3. Selesai mengisi formulir pendaftaran SISBO dengan lengkap, siswa melakukan pencetakan formulir pendaftaran SISBO yang telah diisi.
  4. Siswa selanjutnya melengkapi berkas persyaratan yang diminta untuk dilampirkan dalam aplikasi Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan. Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.Untan.ac.id.
  5. Siswa mengumpulkan: (1) fotokopi KAP Bidik Misi yang telah dicetak, (2) fotokopi cetak hasil pendaftaran SISBO Untan yang telah dicetak, dan (3) lampiran kelengkapan berkas pendaftaran, dan menyampaikannya kepada Kepala Sekolah.   
  6. Kepala sekolah mengirimkan secara kolektif berkas formulir pendaftaran cetak dan kelengkapan berkas pendaftaran beasiswa outreaching dari semua siswa di sekolahnya ke alamat:


Kantor Comdev-Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak - Kalimantan Barat
78124
 
 





  1. Berkas pendaftaran dan kelengkapan persyaratan telah diterima oleh Unit Comdev dan Outreaching UNTAN paling lambat tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos).
  2. Khusus untuk siswa yang memilih program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), Seni Tari dan Musik (Tarsik), Pendidikan Dokter, Farmasi, dan Keperawatan, 5 orang siswa terbaik yang terpilih akan mengikuti Tes Keterampilan. Materi dan jadwal pelaksanaan Tes Keterampilan serta nama-nama siswa yang nantinya akan dipanggil mengikuti Tes Keterampilan dapat dilihat pada box “Tes Keterampilan” di laman www.comdev-outreaching.Untan.ac.id.
  3. Pengumuman peneriman Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN Jalur Seleksi Mandiri Outreaching akan dipublikasikan pada tanggal 11 Juli 2012.
  4. Alur pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya Jalur Seleksi Mandiri Outreaching secara ringkas dapat dilihat pada Gambar 3




http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9-3is44uFpvyp7JaFIpSacmIBmkKSDrUTCL3_FoWd6HRb7NXqQw                                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfPd9QsW2vNKkxDRHIspAbK0Pm1oSG9mGx4hJPlgFv4CMT4_xQ                                http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp67nTO0Z08WynZ9rhCk-hH94gLb2Gzrmn6r0XnHBYNCWdrQnx                http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSNFeU9LZjnxQsZBN2_KTrgMPEjs7_G6FmgN-s8V4Ymb7AitfkRQ  
Siswa                                 Kepala Sekolah                                         Bidik Misi                                Unit Comdev-       
                                                                                                                                                             Outreaching Untan





















Gambar 3.  Alur Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan lainnya Jalur Seleksi Mandiri Outreaching


Bagian C. Panduan Pendaftaran on-line Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO)

Bagian ini berisi panduan untuk melakukan tahapan pendaftaran on-line Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO). Panduan untuk melakukan tahapan pendaftaran on-line Bidik Misi dapat maupun SNMPTN dapat dilihat pada laman www.bidikmisi.dikti.go.id dan www.snmptn.ac.id.
Saudara dapat mulai melakukan pendaftaran SISBO secara on-line dengan mengikuti tahapan berikut:

a.       Dalam pengisian pendaftaran SISBO secara on-line terlebih dahulu saudara harus membuka laman www.comdev-outreaching.untan.ac.id, serta memilih (mengklik) box “Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching”. Setelah berhasil melakukan ini, maka saudara akan bertemu tampilan laman seperti Gambar 1.


Gambar 1. Tampilan halaman muka SISBO Untan

Pada halaman muka akan ditemukan 5 menu: “Home, “Panduan”, “Daftar Prodi”, “Jadwal”, dan “Kontak”.
§  Menu “Panduan” berisi panduan bagi siswa dalam memahami mekanisme pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN dan panduan untuk melakukan pendaftaran SISBO secara on-line
§  Menu “Daftar Prodi” berisi daftar nama program studi yang terdapat di UNTAN beserta kode program studi
§  Menu “Jadwal” berisi jadwal dan tenggat waktu penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN
§  Menu “Kontak” berisi alamat kontak dan bantuan informasi on-line seputar penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN

Pada halaman yang sama, juga terdapat 3 box pilihan: “Pendaftaran”, “Log in” dan “Ujian Keterampilan”.
§  Box “Pendaftaran” digunakan untuk melakukan input data pada SISBO
§  Box “Berkas Pendaftaran” digunakan untuk mengunduh file data formulir SISBO yang harus dilengkapi dan kelengkapan berkas pendaftaran lainnya yang harus dilengkapi dan disertakan dalam pengiriman berkas
§  Box “Log in” digunakan untuk melakukan perubahan input data pada SISBO dan mencetak formulir pendaftaran SISBO
§  Box “Tes Keterampilan” digunakan untuk mengakses program studi-program studi tertentu yang mempersyaratkan ujian keterampilan dalam seleksi mahasiswa

b.       Sebelum mengisi pendaftaran SISBO secara on-line, Saudara dapat memilih (mengklik) box “Berkas Pendaftaran” terlebih dahulu. Saudara dapat mengunduh formulir berisi data-data yang nantinya akan Saudara inputkan ke dalam SISBO on-line beserta berkas pendaftaran lain yang pelu ditandatangani ataupun ditulis tangan dan dikumpulkan bersama hasil cetak (print-out) pendaftaran Saudara.
c.       Untuk menginputkan data Saudara pilih (klik) box “Pendaftaran”
d.       Pada halaman pertama pendaftaran, akan muncul box user log in (NISN), password, dan kode unik verifikasi pendaftaran.  

Gambar 2. Halaman Pendaftaran


§  NISN          : isikan nomor induk siswa nasional
§  Password    : buat password Saudara (Saudara harus mengingat password Saudara untuk dapat melakukan log in dan pencetakan bukti hasil pendaftaran)
§  Baca kode unik yang tampak pda layar, kemudian isikan pada kotak di bawahnya (misalnya pada contoh, isikan zzw92)
§  Setelah mengisi dengan lengkap, klik box “Daftar”

e.       Saudara selanjutnya akan bertemu dengan halaman pertama (Step-1) dari 7 halaman (7 Step) pendaftaran yang harus Saudara isi secara lengkap.
f.        Tiap langkah (step) harus diisi secara bertahap mulai dari step-1 hingga step-7 supaya tidak ada informasi yang tertinggal
g.       Panduan untuk mengisi masing-masing box data yang harus saudara isi terdapat secara langsung pada saat Saudara mengklik box data yang harus diisi. Setelah saudara mengisikan suatu data pada SISBO, maka akan tampak tanda centang (√) pada bagian kanan.

Gambar 3. Tampilan halaman pendaftaran pada Step-1


Berikut ini adalah panduan tentang data-data yang harus Saudara input ke dalam SISBO:

7 Step yang harus saudara isi dalam SISBO adalah:
“Step-1 Data Pribadi Calon Penerima Beasiswa”.
Saudara diminta untuk mengisi data-data pribadi saudara berupa: (1) tahun mendaftar, (2) jalur seleksi beasiswa, (3) nama, (4) tinggi/berat badan, (5) tempat lahir, (6) tanggal lahir, (7) NISN), (8) KAP Bidik Misi, (9) jurusan di SMA/SMK/MA/MAK, (10) telepon rumah/HP, dan (11) Agama. Setelah selesai menginput data pada Step-1, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-2”

“Step 2-Data Alamat Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 2, Saudara diminta untuk mengisi data: (1) alamat orang tua (asal), (2) alamat sekarang (bila pada saat sekolah Saudara tidak tinggal bersama orang tua), (3) transportasi dari alamat asal ke Ibu kota Kecamatan, dan (4) rencana hidup apabila diterima. Setelah selesai menginput data pada Step-2, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-3”

“Step 3-Data Sekolah Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 3, Saudara diminta untuk mengisi data asal sekolah yang meliputi: (1) provinsi sekolah, (2) kabupaten sekolah, (3) kecamatan sekolah, (4) kelurahan sekolah, (5) nama sekolah, (6) kepemilikan sekolah (pemerintah/masyarakat), (7) Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), (8) Akreditasi Sekolah, (9) taraf standar sekolah nasional, dan (10) telepon sekolah/HP. Setelah selesai menginput data pada Step-3, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-4”

“Step 4-Data Orangtua Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 4, Saudara diminta untuk mengisi data orang tua Saudara yang meliputi: (1) jumlah anak, (2) status anak keberapa dalam keluarga, (3) jumlah tanggungan kepala keluarga, (4) nama ayah, ibu dan atau wali, (5) alamat ayah, ibu, dan atau wali (6) pekerjaan ayah, ibu, dan atau wali, (7) penghasilan ayah, ibu, dan atau wali (8) pendidikan ayah, ibu, dan atau wali, (9) hp orang tua, (10) status ayah dan ibu terhadap saudara (kandung, tiri, angkat, atau lainnya), (11) status orang tua kandung (masih hidup, sudah wafat, atau lainnya), (12) kepemilikan rumah tempat tinggal keluarga, (13) tahun perolehan, (14) luas tanah, (15) luas bangunan, (16) status kepemilikan mandi cuci kakus/MCK, (17) sumber air minum, dan (18) jumlah orang tinggal di dalam rumah. Setelah selesai menginput data pada Step-4, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-5”

“Step 5-Data Prestasi Sekolah Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 5, Saudara diminta untuk mengisi (1) data prestasi Saudara yang membawa nama pribadi atau sekolah di tingkat lokal (minimum kecamatan), (2) nasional data prestasi Saudara yang membawa nama pribadi atau sekolah di tingkat lokal (minimum kecamatan), atau (3) data prestasi Saudara yang membawa nama pribadi atau sekolah di tingkat lokal (minimum kecamatan) internasional, (4) data organisasi yang pernah saudara ikuti. Data yang Saudara tuliskan pada step 5, harus pula diikuti dengan menyertakan fotokopi sertifikat/piagam penghargaan/surat keterangan yang menyatakan prestasi saudara pada kelengkapan berkas pendaftaran. Setelah selesai menginput data pada Step-5, klik box “Selanjutnya”, maka Saudara akan berada pada “Step-6”.

“Step 6-Data Prestasi Kelas Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 6, Saudara diminta untuk mengisi data prestasi kelas Saudara yang meliputi: (1) tahun lulus sekolah, (2) peringkat kelas, jumlah siswa, dan rata-rata rapor saudara dari semester 1 hingga semester 5, (3) jika saudara adalah lulusan tahun 2011, maka saudara juga diminta untuk mengisikan data peringkat kelas, jumlah siswa, dan rata-rata rapor pada semester 6, serta nilai UN serta jumlah mata pelajaran. Data nilai rerata rapor diisikan dalam bentuk puluhan (10-100), bila data rerata nilai rapor saudara masih dalam satuan, maka konversikan ke puluhan (missal 7,5 ditulis 75; 8 ditulis 80, dst). Data yang Saudara tuliskan pada step 5, harus pula diikuti dengan menyertakan fotokopi rapor, dan atau UN yang telah dilegalisir. Setelah selesai menginput data pada Step-6, klik box “Selanjutnya”, maka Saudara akan berada pada “Step-7”.

“Step 7-Data Pilihan Program Studi Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 7, Saudara diminta untuk mengisi data program studi pilihan Saudara di Universitas Tanjungpura. Saudara dapat memilih 2 program studi. Data program studi yang terdapat di Untan, dapat Saudara lihat pada Menu “Daftar Prodi”.
Dalam memilih program studi, Saudara harus memperhatikan ketentuan khusus beberapa Fakultas (Fak.), yakni:
1.    Fak. Teknik hanya menerima siswa dari Jurusan IPA dan SMK yang sesuai
2.    Fak. Pertanian (Agroteknologi) hanya menerima siswa dari jurusan IPA atau SPMA
3.    Fak. KIP (P. Matematika, P. Biologi, P. Fisika, dan P. Kimia) hanya menerima siswa dari Jurusan IPA
4.    Fak. Kehutanan hanya menerima siswa dari jurusan IPA dan SMK dengan latar belakang kehutanan atau SPMA
5.    Fak. MIPA hanya menerima siswa dari jurusan IPA dan SMAK (Analis Kimia)
6.    Fak. Kedokteran untuk program studi Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan hanya menerima siswa dari Jurusan IPA, program studi Farmasi hanya menerima siswa dari Jurusan IPA, SMF atau SAA.

h.       Setelah selesai menginput data pada Step-7, klik box “Selesai”. Maka Saudara akan kembali ke halaman awal.




i.         Setelah selesai mengisi semua tahapan pendaftaran formulir SISBO, lakukan log-out dengan cara mengklik box “selesai” sehingga Saudara kembali ke halaman muka
j.         Jika ingin merubah/menambahkan input data, dapat lakukan dengan mengklik box “log-in” pada halaman muka.
k.       Jika data yang diinput telah sesuai, maka lakukan pencetakan data. Cetak data dapat dilakukan dengan mengklik box “Cetak Data” pada saat Saudara telah melakukan “log-in” yang terdapat di navigator bagian kiri.


Gambar 4. Halaman Cetak Bukti Pendaftaran SISBO

l.         Selama Saudara belum mencetak data, Saudara masih dapat melakukan perubahan atau penambahan data. Namun jika Saudara telah mencetak data, maka Saudara tidak dapat lagi melakukan perubahan data.
m.     Setelah Saudara melakukan semua langkah pada Panduan Bagian C, maka Saudara telah terdaftar dalam Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan. Aplikasi Saudara akan diproses lebih lanjut apabila formulir aplikasi saudara telah diterima oleh Unit Comdev-Outreaching Untan.




Panduan Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya
Tahun Akademik 2012/2013


Bagian A. Panduan Umum
Pada tahun akademik 2012/2013, Unversitas Tanjungpura (Untan) menyediakan beasiswa penuh Outreaching Program Bidik Misi dan Lainnya bagi lebih dari 950 mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan atau dari daerah marginal/perbatasan. Beasiswa penuh Outreaching Untan meliputi pembebasan SPP, biaya administrasi dan bantuan biaya hidup selama 4 tahun berturut-turut, serta transportasi dari dan ke tempat asal satu kali dalam durasi studi 4 tahun.

Kriteria siswa yang dapat mengajukan lamaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Tahun Akademik 2012/2013 adalah:
1.       Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012
2.       Siswa SMA/MA/MAK lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidik Misi
3.       Berusia maksimal 21 tahun pada tenggat akhir pendaftaran
4.       Berasal dari keluarga miskin/marginal atau berasal dari daerah perbatasan
5.       Gabungan pendapatan kotor orang tua/wali sebesar-besarnya Rp.3.000.000,- per bulan, dan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi tanggungan keluarga sebesar- Rp. 600.000,- per bulan.
6.       Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau D4 atau yang setara.
7.       Memiliki prestasi akademik, masuk dalam 30% ranking teratas di kelasnya
8.       Direkomendasikan oleh Kepala Sekolah bagi pendaftar dengan jalur seleksi SNMPTN Undangan, SNMPTN UTUL, dan seleksi Mandiri Outreaching Untan

Siswa yang memenuhi kriteria dan berminat untuk mengajukan lamaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan melakukan pendaftaran seleksi melalui tahapan:
1.       Mengisi formulir pendaftaran Program Bidik Misi DIKTI secara on-line yang dapat diperoleh di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id.
2.       Mengisi formulir pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan secara on-line yang dapat diperoleh pada laman http://comdev-outreaching.untan.ac.id  
3.       Mencetak (print-out) formulir pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan yang telah diisi secara on-line
4.       Melengkapi berkas pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan
5.       Menyerahkan print-out formulir dan berkas pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan kepada Kepala Sekolah.
6.       Kepala sekolah mengirimkan formulir dan berkas pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching secara kolektif ke:
Unit Comdev & Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak – Kalimantan Barat
78124

 
 






Berkas persyaratan pendaftaran yang harus dilengkapi dan dikirimkan beserta formulir Beasiswa Outreaching Untan yang telah dicetak meliputi:
a.          Foto ukuran 3x4 sebanyak 3 buah (diberi nama pada bagian belakang foto)
b.          Surat pernyataan yang ditandatangani calon mahasiswa di atas materai dan ditandatangi oleh orang tua/wali
c.          Surat pernyataan kepala sekolah
d.          Surat pengantar Kepala Sekolah yang berisi ranking siswa yang diusulkan
e.          Surat rekomendasi dari wali kelas yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah
f.           Tiga (3) rangkap fotokopi rapor semester 1-5 yang telah disahkan oleh kepala sekolah bagi lulusan tahun 2012 atau tiga (3) rangkap fotokopi rapor semester 1-6, ijazah dan hasil UN yang telah disahkan bagi lulusan tahun 2011.
g.          Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi atau kepala desa
h.          Fotokopi JAMKESMAS GAKIN (bila ada)
i.            Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) bagi yang lulusan tahun 2012
j.            Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali
k.          Fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang telah disahkan
l.            Esai yang ditulis tangan maksimal 200 kata
m.        Menyertakan fotokopi bukti fisik (penghargaan/sertifikat/surat keterangan) bagi yang berprestasi secara akademik maupun non akademik, atau keikutsertaan dalam organisasi.  
Form berkas yang harus dilengkapi ini dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.untan.ac.id. Tenggat waktu penerimaan berkas ini oleh Unit Comdev&Outreaching Untan adalah tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos). Berkas yang tidak lengkap ataupun tidak diterima tepat waktu tidak akan diproses dalam penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching Untan.
Pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan dilakukan melalui jalur SNMPTN Undangan dan Ujian Tulis (UTUL), serta jalur seleksi mandiri Outreaching Untan. Mekanisme pendaftaran untuk masing-masing jalur seleksi dapat dibaca lebih lanjut pada Bagian B.  













Bagian B. Panduan Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan
Semua calon mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan Beasiswa Penuh Outreaching Untan melalui pola seleksi yang manapun harus melengkapi persyaratan pendaftaran Bidik Misi dan Outreaching Untan. Berikut ini merupakan tahapan yang harus ditempuh oleh siswa untuk mengikuti seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan:
Berikut ini adalah panduan mekanisme pendaftaran bagi siswa untuk masing-masing pola seleksi beasiswa penuh yang dipilih:
1.       Mekanisme Pendaftaran Bidik Misi Bagi Semua Siswa Pelamar Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan
Semua siswa yang akan mengikuti Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan melalui ketiga jenis pola seleksi harus melakukan pendaftaran bidik misi terlebih dahulu. Untuk dapat melakukan pendaftaran bidik misi, siswa melakukan tahapan berikut ini:
a.       Siswa yang memenuhi persyaratan untuk mengajukan Beasiswa Penuh Outreaching Untan dan berminat mengikuti seleksi dari jalur seleksi SNMPTN Undangan, UTUL ataupun Mandiri Outreaching mengajukan diri kepada Kepala Sekolah untuk direkomendasikan sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu.
b.       Kepala Sekolah menyeleksi siswa yang memenuhi syarat dan menyusunnya ke dalam sebuah rekomendasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
c.       Kepala Sekolah melakukan pendaftaran sebagai instansi pemberi rekomendasi Bidik Misi di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dengan melampirkan hasil pindaian (scan) seperti dalam formulir “Rekomendasi Dari Kepala Sekolah” bagian F dalam Bidik Misi untuk mendapatkan Nomor Identifikasi Sekolah Pemberi Rekomendasi (NISR).
d.       Untuk sekolah yang telah memiliki NISR tidak perlu lagi melewati tahapan c.
e.       Kepala Sekolah mendaftarkan nama-nama siswa yang direkomendasikan untuk memperoleh bidik misi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id. Setiap siswa yang didaftarkan selanjutnya akan mendapatkan Kode Akses (KA) untuk melakukan pendaftaran mandiri di bidik misi secara on-line.
f.        Siswa melakukan pendaftaran bidik misi secara on-line menggunakan KA masing-masing di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id.
g.       Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran bidik misi secara lengkap, siswa mencetak formulir yang sudah terisi untuk nantinya disampaikan kepada Kepala Sekolah.
h.       Siswa yang telah selesai mendaftar dan mencetak formulir pendaftaran bidik misi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). KAP dan PIN digunakan untuk mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran bagi siswa yang mengikuti SNMPTN Undangan dan SNMPTN Ujian Tulis. KAP juga digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan.

2.       Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi SNMPTN Undangan
  1. Siswa yang mengikuti seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan dari jalur SNMPTN Undangan harus melakukan pendaftaran bidik misi pada tanggal 20 Januari – 29 Februari 2012.
  2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN Undangan secara on-line dengan mengisi formulir pada laman http://undangan.snmptn.ac.id pada tanggal 1 Februari – 8 Maret 2012. Siswa yang telah memiliki KAP dan PIN Bidik Misi memasukkannya dalam pendaftaran on-line untuk memperoleh pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN Undangan
  3. Siswa melakukan pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO) secara on-line di laman www.comdev-outreahing.untan.ac.id menggunakan KAP yang telah dimiliki pada tanggal 25 Januari-29 Februari 2012. Panduan untuk mengisi tahapan pendaftaran SISBO UNTAN secara detail dapat dibaca pada bagian C panduan ini.    
  4. Selesai mengisi formulir pendaftaran SISBO dengan lengkap, siswa melakukan pencetakan formulir pendaftaran SISBO yang telah diisi.
  5. Siswa selanjutnya melengkapi berkas persyaratan yang diminta untuk dilampirkan dalam aplikasi Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan. Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.untan.ac.id.
  6. Siswa mengumpulkan: (1) fotokopi KAP Bidik Misi yang telah dicetak, (2) fotokopi cetak hasil pendaftaran SISBO Untan yang telah dicetak, dan (3) lampiran kelengkapan berkas pendaftaran, dan menyampaikannya kepada Kepala Sekolah. 
  7. Kepala sekolah mengirimkan secara kolektif berkas formulir pendaftaran cetak dan kelengkapan berkas pendaftaran beasiswa outreaching dari semua siswa di sekolahnya ke alamat:
Kantor Comdev-Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak - Kalimantan Barat
78124
 
 






  1. Berkas pendaftaran dan kelengkapan persyaratan telah diterima oleh Unit Comdev dan Outreaching UNTAN paling lambat tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos).
  2. Pengumuman peneriman Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN Jalur Seleksi SNMPTN Undangan akan dipublikasikan pada tanggal 25 Mei 2012.
  3. Alur pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya Jalur Seleksi SNMPTN Undangan secara ringkas dapat dilihat pada Gambar 1.










http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9-3is44uFpvyp7JaFIpSacmIBmkKSDrUTCL3_FoWd6HRb7NXqQw                                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfPd9QsW2vNKkxDRHIspAbK0Pm1oSG9mGx4hJPlgFv4CMT4_xQ                               http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp67nTO0Z08WynZ9rhCk-hH94gLb2Gzrmn6r0XnHBYNCWdrQnx                 http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSNFeU9LZjnxQsZBN2_KTrgMPEjs7_G6FmgN-s8V4Ymb7AitfkRQ  
Siswa                                   Kepala Sekolah                                      Bidik Misi                              Unit Comdev-       
                                                                                                                                                             Outreaching Untan




















Gambar 1.  Alur Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan lainnya Jalur Seleksi SNMPTN Undangan


3.       Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi SNMPTN Ujian Tulis (UTUL)
  1. Siswa yang berminat mendaftar Beasiswa Penuh Outreaching melalui jalur seleksi SNMPTN UTUL terlebih dahulu melakukan pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO) secara on-line di laman www.comdev-outreahing.Untan.ac.id menggunakan KAP yang telah dimiliki pada tanggal 25 Januari-29 Februari 2012. Panduan untuk mengisi tahapan pendaftaran SISBO UNTAN secara detail dapat dibaca pada bagian C panduan ini.
  2. Selesai mengisi formulir pendaftaran SISBO dengan lengkap, siswa melakukan pencetakan formulir pendaftaran SISBO yang telah diisi.
  3. Siswa selanjutnya melengkapi berkas persyaratan yang diminta untuk dilampirkan dalam aplikasi Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan. Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.Untan.ac.id.
  4. Siswa mengumpulkan: (1) fotokopi cetak hasil pendaftaran SISBO Untan yang telah dicetak, dan (2) lampiran kelengkapan berkas pendaftaran, dan menyampaikannya kepada Kepala Sekolah.
  5. Kepala sekolah mengirimkan secara kolektif berkas formulir pendaftaran cetak dan kelengkapan berkas pendaftaran beasiswa outreaching dari semua siswa di sekolahnya ke alamat:
Kantor Comdev-Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak - Kalimantan Barat
78124
 
 





  1. Berkas pendaftaran dan kelengkapan persyaratan telah diterima oleh Unit Comdev dan Outreaching UNTAN paling lambat tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos).
  1. Siswa yang bersangkutan selanjutnya melakukan pendaftaran bidik misi secara on-line di laman www.daftar.bidikmisi.dikti.go.id pada tanggal 1 Mei – 29 Mei 2012 untuk memperoleh memperoleh KAP dan PIN.
  2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN UTUL secara on-line dengan mengisi formulir pada laman http://ujian.snmptn.ac.id pada tanggal 10 Mei - 31 Mei 2012. Siswa yang telah memiliki KAP dan PIN Bidik Misi memasukkannya dalam pendaftaran on-line untuk memperoleh pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN UTUL. Bagi siswa pendaftar bidik misi yang mendaftar SNMPTN Undangan namun belum lulus, masih dapat melakukan pendaftaran SNMPTN UTUL gratis dengan menggunakan KAP dan PIN Bidik Misi Undangan.
  1. Ujian SNMPTN UTUL dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni 2012. Bagi pendaftar program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) dan Pendidikan Seni Tari dan Musik (Tarsik) di Untan, terdapat tambahan Ujian Keterampilan yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2012.
  2. Pengumuman peneriman Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi SNMPTN UTUL akan dipublikasikan bersamaan dengan pengumuman kelulusan UTUL pada tanggal 7 Juli 2012.
  3. Alur pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya Jalur Seleksi SNMPTN UTUL secara ringkas dapat dilihat pada Gambar 2. 
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9-3is44uFpvyp7JaFIpSacmIBmkKSDrUTCL3_FoWd6HRb7NXqQw                                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfPd9QsW2vNKkxDRHIspAbK0Pm1oSG9mGx4hJPlgFv4CMT4_xQ                             http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp67nTO0Z08WynZ9rhCk-hH94gLb2Gzrmn6r0XnHBYNCWdrQnx                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSNFeU9LZjnxQsZBN2_KTrgMPEjs7_G6FmgN-s8V4Ymb7AitfkRQ  
Siswa                                 Kepala Sekolah                                      Bidik Misi                                Unit Comdev-       
                                                                                                                                                             Outreaching Untan





















Gambar 2.  Alur Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan lainnya Jalur Seleksi SNMPTN UTUL


4.       Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Jalur Seleksi Mandiri Outreaching
  1. Siswa yang mengikuti seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan dari jalur Mandiri Outreaching terlebih dahulu melakukan pendaftaran bidik misi pada tanggal 20 Januari – 29 Februari 2012.
  2. Siswa melakukan pendaftaran Seleksi Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO) secara on-line di laman www.comdev-outreahing.Untan.ac.id menggunakan KAP yang telah dimiliki pada tanggal 25 Januari-29 Februari 2012. Panduan untuk mengisi tahapan pendaftaran SISBO UNTAN secara detail dapat dibaca pada bagian C panduan ini.    
  3. Selesai mengisi formulir pendaftaran SISBO dengan lengkap, siswa melakukan pencetakan formulir pendaftaran SISBO yang telah diisi.
  4. Siswa selanjutnya melengkapi berkas persyaratan yang diminta untuk dilampirkan dalam aplikasi Pendaftaran Beasiswa Outreaching Untan. Berkas pendaftaran yang harus dilengkapi dapat diperoleh melalui perbanyakan formulir yang dikirimkan ke masing-masing sekolah atau diunduh melalui laman www.comdev-outreaching.Untan.ac.id.
  5. Siswa mengumpulkan: (1) fotokopi KAP Bidik Misi yang telah dicetak, (2) fotokopi cetak hasil pendaftaran SISBO Untan yang telah dicetak, dan (3) lampiran kelengkapan berkas pendaftaran, dan menyampaikannya kepada Kepala Sekolah.   
  6. Kepala sekolah mengirimkan secara kolektif berkas formulir pendaftaran cetak dan kelengkapan berkas pendaftaran beasiswa outreaching dari semua siswa di sekolahnya ke alamat:
Kantor Comdev-Outreaching
Komplek Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jl. Ahmad Yani Pontianak - Kalimantan Barat
78124
 
 





  1. Berkas pendaftaran dan kelengkapan persyaratan telah diterima oleh Unit Comdev dan Outreaching UNTAN paling lambat tanggal 8 Maret 2012 (bukan cap pos).
  2. Khusus untuk siswa yang memilih program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), Seni Tari dan Musik (Tarsik), Pendidikan Dokter, Farmasi, dan Keperawatan, 5 orang siswa terbaik yang terpilih akan mengikuti Tes Keterampilan. Materi dan jadwal pelaksanaan Tes Keterampilan serta nama-nama siswa yang nantinya akan dipanggil mengikuti Tes Keterampilan dapat dilihat pada box “Tes Keterampilan” di laman www.comdev-outreaching.Untan.ac.id.
  3. Pengumuman peneriman Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN Jalur Seleksi Mandiri Outreaching akan dipublikasikan pada tanggal 11 Juli 2012.
  4. Alur pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan Lainnya Jalur Seleksi Mandiri Outreaching secara ringkas dapat dilihat pada Gambar 3




http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9-3is44uFpvyp7JaFIpSacmIBmkKSDrUTCL3_FoWd6HRb7NXqQw                                  http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfPd9QsW2vNKkxDRHIspAbK0Pm1oSG9mGx4hJPlgFv4CMT4_xQ                                http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSp67nTO0Z08WynZ9rhCk-hH94gLb2Gzrmn6r0XnHBYNCWdrQnx                http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSNFeU9LZjnxQsZBN2_KTrgMPEjs7_G6FmgN-s8V4Ymb7AitfkRQ  
Siswa                                 Kepala Sekolah                                         Bidik Misi                                Unit Comdev-       
                                                                                                                                                             Outreaching Untan





















Gambar 3.  Alur Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching Untan Program Bidik Misi dan lainnya Jalur Seleksi Mandiri Outreaching


Bagian C. Panduan Pendaftaran on-line Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO)

Bagian ini berisi panduan untuk melakukan tahapan pendaftaran on-line Beasiswa Penuh Outreaching Untan (SISBO). Panduan untuk melakukan tahapan pendaftaran on-line Bidik Misi dapat maupun SNMPTN dapat dilihat pada laman www.bidikmisi.dikti.go.id dan www.snmptn.ac.id.
Saudara dapat mulai melakukan pendaftaran SISBO secara on-line dengan mengikuti tahapan berikut:

a.       Dalam pengisian pendaftaran SISBO secara on-line terlebih dahulu saudara harus membuka laman www.comdev-outreaching.untan.ac.id, serta memilih (mengklik) box “Pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching”. Setelah berhasil melakukan ini, maka saudara akan bertemu tampilan laman seperti Gambar 1.


Gambar 1. Tampilan halaman muka SISBO Untan

Pada halaman muka akan ditemukan 5 menu: “Home, “Panduan”, “Daftar Prodi”, “Jadwal”, dan “Kontak”.
§  Menu “Panduan” berisi panduan bagi siswa dalam memahami mekanisme pendaftaran Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN dan panduan untuk melakukan pendaftaran SISBO secara on-line
§  Menu “Daftar Prodi” berisi daftar nama program studi yang terdapat di UNTAN beserta kode program studi
§  Menu “Jadwal” berisi jadwal dan tenggat waktu penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN
§  Menu “Kontak” berisi alamat kontak dan bantuan informasi on-line seputar penyeleksian Beasiswa Penuh Outreaching UNTAN

Pada halaman yang sama, juga terdapat 3 box pilihan: “Pendaftaran”, “Log in” dan “Ujian Keterampilan”.
§  Box “Pendaftaran” digunakan untuk melakukan input data pada SISBO
§  Box “Berkas Pendaftaran” digunakan untuk mengunduh file data formulir SISBO yang harus dilengkapi dan kelengkapan berkas pendaftaran lainnya yang harus dilengkapi dan disertakan dalam pengiriman berkas
§  Box “Log in” digunakan untuk melakukan perubahan input data pada SISBO dan mencetak formulir pendaftaran SISBO
§  Box “Tes Keterampilan” digunakan untuk mengakses program studi-program studi tertentu yang mempersyaratkan ujian keterampilan dalam seleksi mahasiswa

b.       Sebelum mengisi pendaftaran SISBO secara on-line, Saudara dapat memilih (mengklik) box “Berkas Pendaftaran” terlebih dahulu. Saudara dapat mengunduh formulir berisi data-data yang nantinya akan Saudara inputkan ke dalam SISBO on-line beserta berkas pendaftaran lain yang pelu ditandatangani ataupun ditulis tangan dan dikumpulkan bersama hasil cetak (print-out) pendaftaran Saudara.
c.       Untuk menginputkan data Saudara pilih (klik) box “Pendaftaran”
d.       Pada halaman pertama pendaftaran, akan muncul box user log in (NISN), password, dan kode unik verifikasi pendaftaran.  

Gambar 2. Halaman Pendaftaran


§  NISN          : isikan nomor induk siswa nasional
§  Password    : buat password Saudara (Saudara harus mengingat password Saudara untuk dapat melakukan log in dan pencetakan bukti hasil pendaftaran)
§  Baca kode unik yang tampak pda layar, kemudian isikan pada kotak di bawahnya (misalnya pada contoh, isikan zzw92)
§  Setelah mengisi dengan lengkap, klik box “Daftar”

e.       Saudara selanjutnya akan bertemu dengan halaman pertama (Step-1) dari 7 halaman (7 Step) pendaftaran yang harus Saudara isi secara lengkap.
f.        Tiap langkah (step) harus diisi secara bertahap mulai dari step-1 hingga step-7 supaya tidak ada informasi yang tertinggal
g.       Panduan untuk mengisi masing-masing box data yang harus saudara isi terdapat secara langsung pada saat Saudara mengklik box data yang harus diisi. Setelah saudara mengisikan suatu data pada SISBO, maka akan tampak tanda centang (√) pada bagian kanan.

Gambar 3. Tampilan halaman pendaftaran pada Step-1


Berikut ini adalah panduan tentang data-data yang harus Saudara input ke dalam SISBO:

7 Step yang harus saudara isi dalam SISBO adalah:
“Step-1 Data Pribadi Calon Penerima Beasiswa”.
Saudara diminta untuk mengisi data-data pribadi saudara berupa: (1) tahun mendaftar, (2) jalur seleksi beasiswa, (3) nama, (4) tinggi/berat badan, (5) tempat lahir, (6) tanggal lahir, (7) NISN), (8) KAP Bidik Misi, (9) jurusan di SMA/SMK/MA/MAK, (10) telepon rumah/HP, dan (11) Agama. Setelah selesai menginput data pada Step-1, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-2”

“Step 2-Data Alamat Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 2, Saudara diminta untuk mengisi data: (1) alamat orang tua (asal), (2) alamat sekarang (bila pada saat sekolah Saudara tidak tinggal bersama orang tua), (3) transportasi dari alamat asal ke Ibu kota Kecamatan, dan (4) rencana hidup apabila diterima. Setelah selesai menginput data pada Step-2, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-3”

“Step 3-Data Sekolah Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 3, Saudara diminta untuk mengisi data asal sekolah yang meliputi: (1) provinsi sekolah, (2) kabupaten sekolah, (3) kecamatan sekolah, (4) kelurahan sekolah, (5) nama sekolah, (6) kepemilikan sekolah (pemerintah/masyarakat), (7) Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), (8) Akreditasi Sekolah, (9) taraf standar sekolah nasional, dan (10) telepon sekolah/HP. Setelah selesai menginput data pada Step-3, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-4”

“Step 4-Data Orangtua Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 4, Saudara diminta untuk mengisi data orang tua Saudara yang meliputi: (1) jumlah anak, (2) status anak keberapa dalam keluarga, (3) jumlah tanggungan kepala keluarga, (4) nama ayah, ibu dan atau wali, (5) alamat ayah, ibu, dan atau wali (6) pekerjaan ayah, ibu, dan atau wali, (7) penghasilan ayah, ibu, dan atau wali (8) pendidikan ayah, ibu, dan atau wali, (9) hp orang tua, (10) status ayah dan ibu terhadap saudara (kandung, tiri, angkat, atau lainnya), (11) status orang tua kandung (masih hidup, sudah wafat, atau lainnya), (12) kepemilikan rumah tempat tinggal keluarga, (13) tahun perolehan, (14) luas tanah, (15) luas bangunan, (16) status kepemilikan mandi cuci kakus/MCK, (17) sumber air minum, dan (18) jumlah orang tinggal di dalam rumah. Setelah selesai menginput data pada Step-4, klik box selanjutnya, maka Saudara akan berada pada “Step-5”

“Step 5-Data Prestasi Sekolah Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 5, Saudara diminta untuk mengisi (1) data prestasi Saudara yang membawa nama pribadi atau sekolah di tingkat lokal (minimum kecamatan), (2) nasional data prestasi Saudara yang membawa nama pribadi atau sekolah di tingkat lokal (minimum kecamatan), atau (3) data prestasi Saudara yang membawa nama pribadi atau sekolah di tingkat lokal (minimum kecamatan) internasional, (4) data organisasi yang pernah saudara ikuti. Data yang Saudara tuliskan pada step 5, harus pula diikuti dengan menyertakan fotokopi sertifikat/piagam penghargaan/surat keterangan yang menyatakan prestasi saudara pada kelengkapan berkas pendaftaran. Setelah selesai menginput data pada Step-5, klik box “Selanjutnya”, maka Saudara akan berada pada “Step-6”.

“Step 6-Data Prestasi Kelas Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 6, Saudara diminta untuk mengisi data prestasi kelas Saudara yang meliputi: (1) tahun lulus sekolah, (2) peringkat kelas, jumlah siswa, dan rata-rata rapor saudara dari semester 1 hingga semester 5, (3) jika saudara adalah lulusan tahun 2011, maka saudara juga diminta untuk mengisikan data peringkat kelas, jumlah siswa, dan rata-rata rapor pada semester 6, serta nilai UN serta jumlah mata pelajaran. Data nilai rerata rapor diisikan dalam bentuk puluhan (10-100), bila data rerata nilai rapor saudara masih dalam satuan, maka konversikan ke puluhan (missal 7,5 ditulis 75; 8 ditulis 80, dst). Data yang Saudara tuliskan pada step 5, harus pula diikuti dengan menyertakan fotokopi rapor, dan atau UN yang telah dilegalisir. Setelah selesai menginput data pada Step-6, klik box “Selanjutnya”, maka Saudara akan berada pada “Step-7”.

“Step 7-Data Pilihan Program Studi Calon Penerima Beasiswa”
Pada pendaftaran Step 7, Saudara diminta untuk mengisi data program studi pilihan Saudara di Universitas Tanjungpura. Saudara dapat memilih 2 program studi. Data program studi yang terdapat di Untan, dapat Saudara lihat pada Menu “Daftar Prodi”.
Dalam memilih program studi, Saudara harus memperhatikan ketentuan khusus beberapa Fakultas (Fak.), yakni:
1.    Fak. Teknik hanya menerima siswa dari Jurusan IPA dan SMK yang sesuai
2.    Fak. Pertanian (Agroteknologi) hanya menerima siswa dari jurusan IPA atau SPMA
3.    Fak. KIP (P. Matematika, P. Biologi, P. Fisika, dan P. Kimia) hanya menerima siswa dari Jurusan IPA
4.    Fak. Kehutanan hanya menerima siswa dari jurusan IPA dan SMK dengan latar belakang kehutanan atau SPMA
5.    Fak. MIPA hanya menerima siswa dari jurusan IPA dan SMAK (Analis Kimia)
6.    Fak. Kedokteran untuk program studi Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan hanya menerima siswa dari Jurusan IPA, program studi Farmasi hanya menerima siswa dari Jurusan IPA, SMF atau SAA.

h.       Setelah selesai menginput data pada Step-7, klik box “Selesai”. Maka Saudara akan kembali ke halaman awal.




i.         Setelah selesai mengisi semua tahapan pendaftaran formulir SISBO, lakukan log-out dengan cara mengklik box “selesai” sehingga Saudara kembali ke halaman muka
j.         Jika ingin merubah/menambahkan input data, dapat lakukan dengan mengklik box “log-in” pada halaman muka.
k.       Jika data yang diinput telah sesuai, maka lakukan pencetakan data. Cetak data dapat dilakukan dengan mengklik box “Cetak Data” pada saat Saudara telah melakukan “log-in” yang terdapat di navigator bagian kiri.


Gambar 4. Halaman Cetak Bukti Pendaftaran SISBO

l.         Selama Saudara belum mencetak data, Saudara masih dapat melakukan perubahan atau penambahan data. Namun jika Saudara telah mencetak data, maka Saudara tidak dapat lagi melakukan perubahan data.
m.     Setelah Saudara melakukan semua langkah pada Panduan Bagian C, maka Saudara telah terdaftar dalam Sistem Informasi Seleksi Beasiswa Outreaching (SISBO) Untan. Aplikasi Saudara akan diproses lebih lanjut apabila formulir aplikasi saudara telah diterima oleh Unit Comdev-Outreaching Untan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar